Ditulis pada tanggal 9 Mei 2011, oleh admin_fai, pada kategori Akademika, Himpunan Mahasiswa

1.Latar Belakang

Mahasiswa sebagai bagian dari elemen Negara dan khususnya dalam dunia pendidikan berkewajiban ikut memberikan kontribusi dalam upaya mengisi kemerderkaan yang memiliki keberpihakan yang jelas dangan dilandasi kebenaran, keadilan sosial, kesejahteraan umum dan kedaulatan rakyat.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan (HMP-BP) Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya sebagai masyarakat ilmiah menjadi hak dan kewajiban, posisi peran, dan cita-cita dalam darma bakti pada tanah air, dan almamater dengan cara belajar, bekerja.

Berpijak atas dasar tersebut atas dasar hati nurani dan keyakinan dalam sebuah bagian dari masyarakat Universitas Brawijaya maka kami Himpunan Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan FPi-UB menghimpun diri dalam Himpunan Mahasiswa  Program Studi BP FPi-UB pada tanggal 20 Mei 1999 yang berkedudukan di Fakultas  Perikanan Universitas Brawijaya.

2. Main Frame

Prinsip Himpunan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya (HMP-BP FPi-UB) adalah kedaulatan mahasiswa, menjunjung tinggi profesionalisme, otonomi kelembagaan dan kekeluargaan.

HMP-BP FPi-UB dalam melaksanakan prog ramnya bersifat religius, profesionalisme, otonom, dan demokratis serta obyektif dan non politis praktis.

Tujuan HMP-BP FPi-UB adalah

  1. Terwujudnya kebebasan akademik pada Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan kebebasan mimbar akademik khususnya keilmuan perikanan.
  2. Terbentuknya mahasiswa yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan memiliki keintelektualan yang tinggi dan berkepedulian sosial pada masyarakat perikanan.

Fungsi HMP-PB  FPi-UB adalah :

  1. Wahana aktivitas mahasiswa  program studi budidaya perairan FPi-UB
  2. Wahana pengembangan keilmuan budidaya perairan khususnya dan ilmu perikanan umumnya
  3. Wahana pengabdian pada masyarakat
  4. Wahana pengembangan visi dan misi serta peningkatan integritas mahasiswa himpunan pada khususnya dan mahasiswa fakultas perikanan pada umumnya

3.Arti Lambang

hmpbp

Segitiga       :    Kekuatan (Perisai)

Udang         :    Pada saat berdirinya lembaga menjadi primadona komoditas ekspor

Indonesia.

Warna Biru  :    Melambangkan kedamaian, kepedulian terhadap kelestarian lingkungan

terutama peraiaran.

4.Kegiatan

Organisasi, tujuan dan misi HMP-BP FPi-UB itu sendiri merupakan organisasi kemahasiswaan yang memiliki keahlian dibidangnya. Oleh karena itu penyusunan kegiatan HMP-BP FPi-UB harus mencerminkan :

1.Penjabaran tentang cita-cita organisasi berupa keprofesionalan yang dimiliki oleh setiap anggota organisasi. HMP-BP FPi-UB

2.Tindak lanjut dari ide kelahiran dari HMP-BP FPi-UB

3. Penjabaran dari semua pedoman dan ketentuan-ketentuan organisasi HMP-BP FPi-UB secara tepat dan teratur.

4.Sebuah proses dilakukan secarta sadar dan merupakan suatu ikhtiar dari anggota HMP-BP FPi-UB.

Sejak awal berdirinya sampai dengan saat ini, HMP-BP FPi-UB telah berhasil melaksanakan berbagau kegiatan, antara lain :

  1. Pelatihan pembenihan ikan dan Gynogenesis
  2. Diklat aquarium
  3. Kontes Cupang tingkat regional Jawa Timur
  4. Penyediaan fasilitas perpustakaan HMP-BP berupa lemari buku, serta sebagai fasilitator dalam penyediaan buku-buku referensi perikanan khususnya budidaya.
  5. Manajemen perpustakaan, yang didalamnya berisi jalur peminjaman buku-buku, skripsi dan PKL yang dimiliki oleh himpunan dalam rangka memenuhi kebutuhan referensi dari mahasiswa perikanan umumnya dan mahasiswa budidaya khususnya.
  6. Studi Regenerasi dan Pengenalan Lingkungan  (STRIPING) yang merupakan suatu bentuk kegiatan rutin setiap tahun daslam rangka memperkenalkan dunia [erikanan khususnya budidaya perairan, serta menjalin keakraban emosional antara mahasiswa lama dan mahasiswa baru.
  7. Temu akrab mahasiswa budidaya perairan dan dosen budidaya perairan
  8. Kuliah tamu
  9. Diklat menejemen organisasi
  10. Fasilitator presentasi magang dan PKL
  11. Terbentuknya klib olahraga mahasiswa program studi budidaya perairan
  12. Pembuatan jas lab dan jaket himpunan yang di koordinir oleh department kewirausahaan
  13. Pengadaan madding himpunan, dsb.
Print Friendly, PDF & Email