Tinjauan Manajemen (TM) adalah bagian dari tanggungjawab manajemen (TM dan MR) untuk meninjau SMM (Sistem Manajemen Mutu) Program Studi. Tinjauan sebagai salah satu dari PDCA (Plan, Do, Check, Action) dimaksudkan untuk Checking. Kegiatan Checking ini harus menghasilkan kepastian tentang kesesuaian, kecukupan dan efektivitas SMM dan sesuai dengan yang diminta dalam Persyaratan Standar. Kegiatan ini telah dirancang untuk dilakukan 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Atau, minimal 1 kali sebelum diadakannya audit oleh lembaga sertifikasi.

Melalui Tinjauan Manajemen ini, pimpinan puncak beserta seluruh jajarannya diharapkan mampu mengukur efektivitas penerapan SMM dan mengidentifikasi peluang perbaikan. Pimpinan, dalam hal ini adalah seorang Kepala Program Studi,  harus mengetahui secara langsung apa yang perlu dilakukannya untuk, sekali lagi, meningkatkan kinerja SMM. Peran Tanggungjawab Manajemen harus terlihat dari hasil Tinjauan Manajemen ini.

Akhirnya, hasil Tinjauan Manajemen ini harus dapat digunakan sebagai acuan bagi Tanggungjawab Manajemen untuk membuat keputusan yang menentukan arah ataupun strategi Program Studi untuk memberikan service excellence (layanan prima) Program Studi.

Tinjauan Manajemen 2016

Print Friendly, PDF & Email